Friday, 29 January 2016

Cetak PDF Menjadi Buku Saku (Booklet) Menggunakan Printer Canon IP 2700

Mengenal Booklet

Booklet adalah buku berukuran kecil (setengah kuarto) dan tipis, halaman bolak-balik, yang berisi tulisan dan gambar-gambar. Ada yang mengatakan bahwa istilah booklet berasal dari buku dan leaflet, artinya media booklet merupakan perpaduan antara leaflet dengan buku atau sebuah buku dengan format (ukuran) kecil seperti leaflet. Struktur isinya seperti buku (ada pendahuluan, isi, penutup) hanya saja cara penyajian isinya jauh lebih singkat daripada sebuah buku. Sedangkan Buku Saku hampir sama denganbooklet, hanya saja berukuran lebih kecil hingga bisa dimaksukkan kedalam saku.

Sebenarnya sangat mudah memprint ebook menjadi sebuah buku, karena di Microsoft Word (Office 2010) atau pun Adobe Reader, sudah tersedia pilihan memprint berbentuk buku (booklet).

Cara Cetak PDF Menjadi Booklet (Printer IP 2700) Aplikasi Adobe Reader X
Pada artikel kali ini kita akan membahas langkah-langkah mencetak ebook PDF menjadi booklet, silahkan di perhatikan:
note: kenapa menggunakan printer Canon IP 2700, karena saya beranggapan sangat banyak sekali printer ini beredar dipasaran, haha.

Pertama
Sediakan ebook pdf yang akan kita cetak, disini saya akan mencontohkan ebook Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 5 SD dari http://bse.kemdikbud.go.id/

Kedua
Silahkan buka ebook anda menggunakan Adobe Reader X

Ketiga
Pilih File lalu Print, atau anda bisa menggunakan shortcut Ctrl+P


Keempat
Ketika anda klik file lalu print akan muncul jendela seperti gambar dibawah ini, silahkan anda klik properties

Kelima
Langkah berikut ini sangatlah penting, pastikan anda mengikuti dengan baik

Keenam
Setelah anda setting seperti gambar diatas, jangan lupa untuk klik OK, jangan di cancel ya :-), kalo di cancel batal dong, hahaha.
Lalu anda akan dibawa kembali ke menu printer, silahkan anda cetak... Eitsss triknya adalah mendahulukan Odd pages only (halaman ganjil, contoh: 1,3,5 dst) terlebih dahulu, jika anda sudah selesai mencetak Odd pages masukan kembali kertas yang di print tadi (dibalik ya ^_^). Ulangi perintah print dan pilih Even pages only.
Update 23 Juli 2016
Cara Cetak PDF Menjadi Booklet (Printer Epson L800) Aplikasi Adobe Reader X
Mari kita lanjut bapak/ibu dan agan-agan sekalian, kali ini printer yang kita gunakan adalah printer epson L800. Artikel ini dibuat ketika kami mencetak sebuah modul yang halamannya cukup banyak, dengan printer Epson L800 yang warnanya cukup mumpuni. Berikut langkah-langkahnya:

1. Saya menyiapkan sebuah dokumen contoh dengan Microsoft Office Word seperti dibawah ini.



2. Kemudian di save menjadi pdf dengan tool SaveAsPDFandXPS yang sudah diinstall sebelumnya
3. Selanjutnya kita buka dengan adobe reader kemudian kita cetak.

Ikuti seperti petunjuk yang sudah ditulis dengan benar ya. :-).

4. Kali ini caranya lebih mudah dari yang diatas, cukup dengan mengikuti perintah yang ada.
Secara otomatis printer akan mencetak halaman ganjil terlebih dahulu, kemudian setelah selesai akan muncul pesan seperti dibawah ini

Masukan kertas yang sudah di print dengan cara seperti diatas, lalu klik resume
Tadaaaa.. Selesai proses pencetakan Booklet dengan Printer Epson L800, mudah bukan :-)

Cara ini merupakan salah satu dari banyak cara yang ada, mungkin anda dapat menggunakan cara lain yang lebih bagus, namun ketika saya membuat booklet cara inilah yang terasa paling mudah.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Makasih gan atas artikelnya,,, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Short run supplement name printing is additionally impeccable in the event that you are attempting to try out various mark plans to perceive what makes the best outcomes.Create Your Own Postcard Cheap

    ReplyDelete