Wednesday, 17 February 2016

Cara Terbaru dan Mudah Membuat Blog di Blogger (Buat Guru)

Membaca dan menulis adalah salah satu kemampuan yang kita pelajari semenjak kita belajar di pendidikan akademis sekolah, semakin banyak kita membaca dan menulis semakin banyak pula wawasan yang kita dapatkan. Sarana tempat kita membaca dan menulis dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi adalah media digital dan salah satunya dapat kita sebut dengan nama blog.

Blog merupakan singkatan dari web log, adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Blog sama dengan facebook maupun twitter. Blog bisa dijadikan media sosial atau istilahnya blogwalking sesama blogger guru.

Berikut ini beberapa jenis blog yang saya kutip dari http://id.wikipedia.org

  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti ikan, kucing, serigala, tanaman dan lain-lain
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  • Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak


Dikutip dari seorang blogger, blog itu mirip buku harian  yang berupa situs web, yang ditulis terus oleh pemiliknya di mana Anda menuliskan hal-hal yang berbasis peristiwa yang sedang berlangsung.

Apa manfaat memiliki blog? Banyak sekali. Diantaranya:
1. Blog sebagai media menulis bagi guru
Menulis sebuah kegiatan yang rutin dilakukan guru. Dengan adanya blog guru juga bisa menulis mengenai kegiatan proses belajar mengajar dalam kelas, atau pengalaman beliau, ataupun penelitian/eksperimen baru yang ingin guru lakukan, cerpen, atau hal penting lainnya.

2. Blog sebagai media tutorial belajar
Guru  bisa membuat beberapa tutorial belajar mengenai pelajaran yang diasuh. Contoh pembelajaran TIK. Kita bisa membuat bahan-bahan ajar seperti langkah-langkah membuat email atau blog, serta kumpulan tutorial-tutorial lainnya.

3. Blog sebagai tempat perpustakaan Guru
Ya, perpustakaan pribadi online. Guru bisa menyimpan arsip mengajar seperti RPP, silabus, bahan mengajar, dan lain-lain. Guru bisa mengambilnya kapan dan dimana saja plus gratis. Ini  adalah salah satu cara untuk mengatasi kalau-kalau laptop kita rusak,  atau terserang virus.

4. Blog sebagai media sosialisasi dengan blogger-blogger guru lainnya.
Blog sama dengan facebook maupun twitter. Blog bisa dijadikan media sosial atau istilahnya blogwalking sesama blogger guru. Banyak blog guru yang isi blognya bermanfaat bagi kita. Sebagai contoh penulis membuat blog http://bagguno.blogspot.com/

5. Sebagai wadah menambah penghasilan? Memang bisa?  Bisa sekali. Kita sering menemui blog yang didalamnya menawarkan sesuatu, penjualan barang secara online. Bahkan, bagi guru setiap tahun, selalu diadakan lomba blog, yang berhadiah uang.

Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan (misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog[butuh rujukan], karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah.

Bagaimana cara membuat blog?? Ternyata cukup mudah jika kita berniat untuk membuat sebuah blogger, lebih lengkapnya rekan-rekan dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:



1. Langkah Pertama, pastikan anda sudah mempunyai sebuah akun google. Jika anda sudah punya akun gmail, google+, dan lainnya maka anda sudah dapat untuk masuk kedalam homepage blogger dan jika anda belum mempunyai akun google anda dapat membuatnya terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkah berikut http://www.buatblog.net/2015/02/membuat-email-di-gmail-google.html

2. Untuk memulai membuat blog di blogger, silahkan kunjungi homepage blogger, masukan username dan password anda lalu klik sign in

Catatan: Jika anda pertama kali masuk ke homepage blogger klik lanjutkan ke blogger untuk masuk

3. Selanjutnya anda dapat masuk ke halaman dasboard atau homepage blogger seperti gambar dibawah ini

Keterangan ada pada gambar dengan lingkaran merah

4. Jika anda ingin membuat sebuah blog baru anda dapat mengklik tombol Blog Baru



Catatan: Dalam beberapa kasus, alamat blog yang mungkin Anda pilih tidak tersedia, maka usahakan Anda memilih alamat (URL) yang unik dan sedikit panjang. Seperti yang sudah saya utarakan di atas, Blogger adalah platform yang populer, tentu alamat (URL) sudah banyak yang menggunakan. Jadi, usahakan yang unik yang mungkin belum dimiliki oleh orang.

5. Kemudian anda sudah masuk ke dashboard blogger anda seperti gambar dibawah.



Pengaturan, Desain, dan Posting di Blogger.com

Sampai langkah 4, sebenarnya Anda sudah selesai membuat blog di Blogger, tapi Anda masih belum melakukan pengaturan lebih lanjut, dan belum ada konten sama sekali. Anda bisa langsung membuat postingan baru atau melakukan settingan lebih lanjut untuk blogspot Anda.

1. Pengaturan dan Desain Blog di Blogger

Pengaturan di blog di blogger tidak seperti di WordPress. Pada halaman dashboard Blogger Anda bisa melakukan pengaturan lebih lanjut dengan meng-klik "Opsi Lainnya" yang berbentuk tanda panah ke bawah. Nanti akan muncul drop down, link menuju halaman-halaman lain yang ada di Blogger. Lihat gambar

Sedikit penjelasan tentang menu atau navigasi dashboard Blogger:


  • Ikhtisar: Data statistik tentang blog Anda, diantaranya jumlah pengunjung, jumlah postingan, dan jumlah artikel.
  • Pos: Daftar artikel yang sudah ditulis, sudah diterbitkan, dan artikel yang masih dalam bentuk draft.
  • Laman: Halaman statis seperti page pada WordPress. Biasanya digunakan untuk halaman About, TOS, dan lain-lain.
  • Komentar: Pada halaman ini, Anda bisa melihat komentar yang masuk. Anda juga bisa mengedit atau bahkan menghapus komentar yang tidak diinginkan.
  • Google+: Ini adalah akun sosial media dari Google yang bisa digunakan untuk blog Anda.
  • Statistik: Data lebih detail tentang trafik pengunjung blog Anda.
  • Tata Letak: Pada halaman ini Anda bisa mengatur layout blog Anda, menambahkan atau mengatur posisi widget.
  • Template:  Pada halaman ini Anda bisa mengganti template yang sesuai dengan keinginan.
  • Setelan: Halaman ini digunakan untuk mengatur setelan blog, pengaturan berapa artikel yang akan ditampilkan di halaman utama (homepage), pengaturan bahasa, komentar dimoderasi apa tidak, dan lain-lain.

2. Posting Konten di Blogger

Untuk membuat postingan konten pada Blogger sebenarnya caranya sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:


  1. Buat judul konten: buat judul singkat saja karena blogger membatasi jumlah karakter untuk judul postingan.
  2. Masukkan artikel atau konten lain pada halaman konten yang sudah disediakan oleh blogger. Anda bisa memasukkan konten berbentuk text, gambar, dan juga video.
  3. Anda bisa memasukkan link, mengganti format text, dan lain-lain, dengan bantuan menu formating yang ada di bawah judul konten.
  4. Isi label/ kategori yang sesuai dengan konten yang Anda buat, lalu klik tombol “Selesai” dibagian bawah kolom label.
  5. Anda juga bisa menjadwalkan waktu posting konten tersebut sesuai dengan keinginan, membuat tautan permanen, menambahkan lokasi, bahkan menambahkan pilihan lainnya sesuai dengan kebutuhan.
  6. Jika Anda sudah yakin akan membuat konten Anda online, silahkan klik tombol “Publikasikan”. Konten Anda sudah online dan bisa dibaca orang lain.

Gambar

Catatan Penting:

Untuk login ke dashboarb Blogger, Anda cukup menggunakan alamat email Gmail yang digunakan untuk mendaftar di Blogger.com
Simpan alamat email Gmail dan password Anda dengan baik, agar mudah digunakan ketika ingin login ke Blogger.


Demikian dulu langkah mudah membuat blog..
Bagaimana?? mudah bukan... :-) untuk pengaturan awal blog yang baru anda buat silahkan mengikuti langkah-langkah berikut ini http://bagguno.blogspot.co.id/2016/01/pengaturan-awal-blog-baru-di-blogger.html
Untuk membuat tampilan blog anda lebih menarik, silahkan kunjungi halaman berikut http://bagguno.blogspot.co.id/2016/01/5-langkah-mudah-mengganti-template.html

Semoga bermanfaat

2 comments: