Sunday, 13 March 2016

Cara Memilih Antivirus Terbaik

Virus merupakan salah satu momok terbesar bagi Anda pemilik laptop maupun PC. Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu.
Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan.
Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras.

Antivirus adalah sebuah software yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga software perlindungan virus. Software ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer sudah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Biasanya software antivirus berjalan di latar belakang dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses.
Perkembangan terkini menunjukkan bahwa antivirus tidak hanya bekerja mendeteksi virus. Software antivirus saat ini telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi perangkat pengintai, malware dan perangkat perusak lainnya. Bahkan, antivirus saat ini juga dilengkapi dengan firewall yang berperan untuk melindungi komputer dari serangan peretas dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah maupun virus ke kotak masuk pengguna.
Berdasarkan cara memperolehnya, software antivirus dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu :

  • Antivirus gratis (free antivirus) : antivirus yang diperoleh secara gratis
  • Antivirus trial (trial antivirus)  : antivirus yang diperoleh secara gratis namun diberi batasan waktu
  • Antivirus donasi (donation antivirus) : antivirus yang diperoleh dengan harus mendonasi
  • Antivirus berbayar (paid antivirus) : antivirus yang diperoleh dengan cara membeli.

Dari pengertian di atas maka software antivirus merupakan benteng utama suatu komputer dari serangan virus yang dapat membahayakan komputer. Mengingat peran antivirus yang demikian pentingnya maka kita perlu mengetahui bagaimana cara memilih antivirus yang terbaik demi keamanan komputer kita.

Saat ini beredar banyak sekali software antivirus di lapangan. Beberapa tips berikut akan membantu kita dalam menentukan pilihan yang tepat ketika akan menggunakan software antivirus.

1. Pilih yang Ringan dalam Bekerja!
Dalam melakukan berbagai aktivitas dengan komputer maka tentu saja kita tidak ingin terganggu kerja kita akibat adanya software antivrus. Sehingga, dalam memilih software antivirus yang tepat salah satunya adalah kita pilih antivirus yang sesuai dengan spesifikasi komputer kita, artinya jangan sampai kita memilih antivirus yang berat jika memang komputer kita tidak mendukung.

2. Perhatikan Fitur yang dimiliki!
Berbagai software antivirus yang ada saat ini memiliki fitur yang berbeda-beda. Agar kita mengetahui fitur apa saja yang dimiliki oleh suatu antivirus maka kita bisa mendapatkan informasi tersebut dengan membuka website resminya. Beberapa fitur utama yang perlu menjadi perhatian kita adalah fitur pendeteksian, pembersihan, pemblokiran. Hal yang harus dihindari adalah software antivirus salah dalam menentukan file virus dan menghapus data-data penting dalam komputer kita.

3. Pastikan Perlindungan Otomatis dan Terus Berlangsung!
Hal terpenting dalam memilih software antivirus yang tepat adalah bagaimana software tersebut dapat bekerja secara otomatis dan terus menerus. Kerja yang dilakukan oleh antivirus misalnya melakukan scanning pada media penyimpanan yang tercolok pada komputer dan jika mendeteksi ada file virus secara otomatis akan dihapus. jadi sobat tidak perlu repot-repot melakukan scanning sebelum membuka media penyimpanan tersebut.

4. Antivirus Didukung Proses update yang mudah!
Software antivirus yang tidak pernah diperbaharui atau diupdate maka dalam bekerja juga tidak akan diperoleh hasil yang baik. Untuk itu perlu dilakukan update secara berkala sehingga antivirus yang kita miliki dapat mendeteksi jika ada library virus yang baru. Jika komputer kita terkoneksi ke internet, maka secara otomatis antivirus yang baik akan melakukan update tanpa diperintah. Perhatikan Kecepatan dalam Proses

5. Scanning!
Software antivirus yang melakukan scanning dalam waktu yang lama maka belum tentu antivirus tersebut yang terbaik. Hal ini dikarenakan scanning yang berlangsung dalam waktu yang lama maka akan memakan sumber daya yang banyak dan kita akan bosan menunggu kapan selesainya.

Sebaiknya sandingkan antivirus lokal seperti smadav dengan antivirus luar seperti Mcaffe, AVG, Avast, AVIRA agar dapat extra protect pada komputer Anda. Tips diatas hanyalah beberapa tips yang dapat kita gunakan dalam memilih antivirus yang tepat, namun beberapa diantaranya sudah saya rangkum sehingga kita mudah untuk melakukannya. Semoga bermanfaat

2 comments:

  1. Soal antivirus, Saya lebih memilih SMADAV antivirus buatan Indonesia karena bekerja lebih ringan dan bisa dipadukan bersamaan dengan antivirus global seperti antivirus avast, avira dan lainnya.

    ReplyDelete
  2. The most effective method to Check System Resource Usage
    antivirus download

    ReplyDelete