Tuesday, 29 March 2016

Mengenal dan Cara Membuat Infografis dengan Piktochart

Pengertian Infografis
Sederhananya infografis adalah penyajian data dengan ilustrasi menarik dilengkapi dengan gambar, teks, audio bahkan video. Penyajian informasi atau data dengan cara monoton (biasa-biasa) saja tentu akan membuat kita bosan, sehingga kita tidak fokus dengan apa yang disampaikan pada informasi atau data tersebut.

Jenis Jenis Infografis
Ada beberapa jenis infografis yang bisa digunakan sesuai dengan tujuan yang berbeda-beda. Jenis infografis tersebut antara lain :
  • Infografis Statis
Infografis statis adalah infografis yang disajikan dalam bentuk visual statis, tanpa konsep audio atau konsep animasi yang bisa bergerak. Jenis infografis yang satu ini bisa dibilang merupakan jenis yang paling sederhana dan paling sering digunakan untuk berbagai kebutuhan.


Bahkan kini sejumlah event bertaraf internasional seperti pameran mengenai energi dan migas yang di selenggarakan di Korea Selatan juga kerap memanfaatkan konsep infografis statis untuk menyajikan data dengan cara yang lebih menarik. Beberapa infografis tentang potensi SDA Indonesia yang pernah dibuat untuk pameran di Korea Selatan yaitu infografis mengenai gas alam serta energi strategis Indonesia.
  • Infografis Animasi
Dikenal juga dengan sebutan animated infographics, infografis jenis ini bisa digunakan pada media audio visual seperti televisi atau Youtube. Infografis animasi bisa disajikan dalam bentuk 2 dimensi maupun bentuk 3 dimensi yang tampak lebih kompleks. Melihat data dan informasi yang disajikan dengan infografis animasi jadi terasa menyenangkan seperti menonton film.

Jenis infografis yang memadukan konsep audio visual ini tampak sangat menarik karena memadukan unsur gambar yang bergerak dengan latar belakang suara yang mampu memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Meski tampak menarik, cara memahami data yang dibuat dalam infografis animasi membutuhkan pematangan konsep yang mendalam dengan melibatkan sejumlah profesi. Orang-orang yang berada dibalik pembuatan infografis animasi biasanya menangani bidang animasi, penggarapan (director), ilustrator, seniman musik dan sejumlah profesi lainnya.
  • Infografis interaktif
Infografis interaktif adalah jenis infografis yang paling kompleks jika dibandingkan dengan infografis statis dan infografis animasi. Pada infografis ini, target yang menjadi sasaran penyajian informasi bisa melakukan interaksi terhadap infografis yang disajikan. Untuk mewujudkan infografis interaktif yang baik, dibutuhkan kerjasama dengan developer atau programmer supaya animasi maupun pemrograman interaksi bisa dijalankan dengan lancar.

Infografis Robby Leonardi dapat anda kunjungi di link berikut: Robby Leonardi

Salah satu contoh infografis yang bisa dibuat secara interaktif adalah informasi mengenai jenis-jenis sayuran Indonesia. Infografis ini memungkinkan kita untuk mengklik setiap kategori sayur yang akan memunculkan data mengenai tulisan lengkap dengan gambar animasi yang bergerak. Sehingga para pengakses infografis bisa menemukan data secara cepat dan efisien sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Cara Membuat Infografis
Membuat infografis tidak sesulit yang kita bayangkan. Bagi pembaca yang tidak mempunyai kemampuan menggunakan software grafis seperti Corelldraw atau Photoshop, tidak akan menjadi kendala. Kini banyak website penyedia layanan pembuatan infografis mulai dari yang free alias gratis sampai yang berbayar. Salah satu website penyedia layanan pembuatan infografis adalah Pictochart. Cara membuat infografis dengan layanan Pictochart adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke Pictochart lalu buat akun dengan email atau akun Facebook anda. Setelah selesai silahkan login.
  • Pilih menu Pikto Template dan tentukan template yang anda pilih. Template memuat desain dan layout berbagai infografis.



  • Setelah template kita pilih maka silahkan edit teks dengan tulisan atau informasi yang akan disampaikan. Jenis, ukuran, maupun style font bisa kita ubah di menu edit font sebelah atas layar komputer kita.
  • Untuk mengubah icon pada infografis silahkan pilih icon yang ada di menu ICONS sebelah kiri layar. Anda pun dapat mengubah warna icon tersebut agar sesuai dengan template yang sebelumnya dipilih, atau gunakan tool yang anda dan kreasikan infografis anda semenarik mungkin.


  • Setelah selesai silahkan klik menu DOWNLOAD untuk mengunduh infografis yang baru saja dibuat
Hasil sederhananya kira-kira seperti ini:
Selain membuat infografis C.V (curriculum vitae) tentu masih banyak yang dapat dibuat dengan aplikasi ini. Apapun informasi dan data dapat anda sajikan dengan infografis sehingga data dan informasi tersebut menjadi menarik.

Demikian Mengenal dan Cara Membuat Infografis dengan Pictochart, mudah bukan, selamat mencoba. Terima kasih, semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. Sampai detik ini masih belum paham cara membuat infografis, mungkin karena basicnya saya bukan orang desainer kali ya. Hhhmmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering mencoba dan selalu berusaha saya yakin jadi profesional mas. Saya juga masih belajar :-)

      Delete
  2. Gan, lagi bingung nin cara nambah sheet atau halaman saat membuat presentasi di piktochart itu gimana ya??
    Design dari yang sudah ada d piktochart.. tapi pengin nambahin halaman lagi.. ga nemu2 caranya..

    ReplyDelete
  3. gan, piktochart bisa buat infografis animasi juga ga?
    kok ga nemu caranya gimana ya?

    ReplyDelete