Monday, 16 May 2016

Mengenal Komputer

Apa Itu Komputer?
Komputer adalah alat elektronik yang dapat mengelola informasi dan data. Komputer juga mempunyai kemampuan menyimpan, memproses dan menampilkan data. Kemudian anda juga pasti sudah tahu bahwa komputer dapat anda gunakan untuk membuat dokumen, mengirim email, bermain games dan menjelajah internet. Anda juga dapat menggunakan komputer untuk mengedit dan membuat spreadsheet, presentasi dan bahkan video.

Perhatikan video berikut ini untuk mengetahui tentang beberapa jenis komputer pada saat ini.

Pada tutorial kali ini mari kita bahas beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang komputer, termasuk cara mengatur komputer kita sendiri, bagaimana berinteraksi dengan tampilan tatap muka komputer dan sistem operasi, kemudian apa saja jenis komputer yang tersedia. Pada tutorial ini juga akan dikenalkan beberapa strategi penanganan masalah saat komputer anda tidak bekerja dengan benar.


Hardware dan Software
Sebelum kita membahas tentang jenis-jenis komputer mari mengenal tentang 2 dasar yang dimiliki oleh semua komputer, yaitu: hardware dan software
  • Hardware adalah semua bagian pada komputer yang memiliki struktur fisik, dapat dilihat dan diraba, seperti keyboard atau mouse. Semua bagian internal komputer juga bisa dikatakan sebagai hardware. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar dibawah ini.
 

  • Software adalah semua instruksi yang dapat memberitahu hardware tentang apa yang harus dilakukan. Software merupakan aturan-aturan yang mengelola hardware dan memberitahu bagaimana menyelesesaikan semua proses-proses yang ada. Beberapa contoh software termasuk browser, game dan word processor. Dibawah ini merupakan sebuah software aplikasi microsoft office power point.

Semua yang kita lakukan pada komputer akan sangat tergantung kepada dua komponen ini yaitu hardware dan software. Dengan melakukan pekerjaan didepan komputer kita juga membutuhkan dua komponen yang saling terkait ini.

Mengenal Jenis-Jenis Komputer
Kebanyakan orang ketika mereka mendengar kata computer, mereka memikirkan tentang personal komputer seperti desktop PC atau Laptop. Padahal, komputer memiliki beberapa tipe dan jenis beberapa bentuk dan ukuran dan komputer tersebut juga memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam membantu kehidupan sehari-hari. Tahukah anda? ketika mengambil uang di ATM, berbelanja di supermarket atau menggunakan kalkulator, anda sudah memakai beberapa jenis dan tipe komputer.

Desktop Komputer (PC)
Kebanyakan orang menggunakan desktop komputer saat bekerja, dirumah, sekolah, atau di perpustakaan digital. Desktop komputer bisa saja berukuran kecil, menengah atau besar dan komputer ini selalu diletakan pada sebuah meja. Saat kita memasang monitor, mouse dan keyboard, kita sudah mempunyai apa yang disebut dengan desktop komputer.



Pada umumnya komputer ini mudah untuk di upgrade dan dikembangkan atau ditambahan komponen-komponen baru. Kelebihan lain dari komputer ini adalah harganya yang cukup murah. Saat kita membandingkan harga desktop komputer dengan laptop dengan spesifikasi hardware yang sama, akan sangat berbeda harga antara 2 komputer tersebut, tentu saja harga desktop komputer lebih murah.

Komputer Laptop
Tipe atau jenis komputer yang kedua yang sangat familiar adalah komputer laptop atau biasa dikenal dengan istilah laptop. Laptop tentu saja lebih portable dari komputer desktop, dengan adanya baterai penyimpanan listrik, memungkinkan kita untuk menggunakan komputer ini di kesempatan apapun dan dimana saja..

Namun, karena laptop lebih kecil dari komputer desktop, akan lebih sulit untuk mengakses komponen-komponen hardware yang ada didalamnya, ini berarti akan lebih sulit pula untuk mengupgradenya.

Komputer Tablet
Komputer tablet atau biasa dikenal dengan nama tablet saja merupakan salah satu komputer yang simple untuk digunakan. Tablet menggunakan fitur touchscreen untuk memproses informasi maupun berpindah-pindah halaman. Salah satu contoh table yaitu iPad.

Tablet pada umumnya dapat melakukan apa yang komputer desktop dan laptop lakukan.


Komputer Server
Komputer server adalah komputer yang melayani informasi dan layanan kepada komputer yang lain. Beberapa perusahaan mempunyai file server karyawan yang bisa di simpan dan dibagikan. Sepintas lalu server dapat dilihat seperti komputer desktop, namun tentu saja memiliki ukuran dan fitur yang layanan yang lebih komplek.

Server menjadi sangat penting untuk mengatur dan mengelola aktifitas internet. Ketika kita melakukan browsing, saat mengklik salah satu link, server bekerja mengirimkan link file yang kita klik tersebut.

Jenis Komputer Lainnya
Hari ini, ada banyak jenis dan tipe dari komputer diantaranya adalah:
  1. Mobile phones, biasa juga dikenal dengan nama smartphone, komputer ini dapat melakukan pekerjaan seperti komputer desktop atau laptop. 
  2. Game consoles, merupakan jenis komputer khusus yang digunakan untuk para peminat games.
  3. TVs, TVs merupakan TV yang sudah memiliki fitur aplikasi seperti yang bisa dilakukan komputer pada umunya, seperti contoh untuk login media sosial, atau streaming video dari beberapa situr penyedianya.
PCs dan Macs
Komputer desktop (personal computer) hadir dalam dua style yang utama yaitu PC dan Mac. Kehandalan kemampuan dua komputer ini tentu tidak dapat diragukan lagi, namun keduanya memiliki perbedaan dalam bentuk dan penampilannya, beberapa orang lebih menyukai PC namun tidak sedikit pula yang lebih menyukai Mac.

PC: tipe komputer ini dimulai dengan nama IBM PC yang dikenalkan pada tahun 1981. Kemudian beberapa negara mulai membuat tipe komputer yang sama, yang mana dikenal dengan istilah IBM PC Compatible. Hari ini, PC merupakan type komputer dekstop yang paling banyak digunakan dan biasanya ketika membeli PC, paket sistem operasi Microsoft Windows akan selalu diikut sertakan (tergantung permintaan).

Mac: Mac lebih dikenal dengan istilah Macintosh komputer yang dikenalkan pada tauhn 1984 dan merupakan komputer pertama yang menggunakan interface berbasis grafik (grafik user intergace). Semua komputer Mac hanya dibuat oleh sebuah perusahaan, yaitu Apple Inc, dan mereka selalu menggunakan sistem operasi Mac OS X pada komputernya.



Nah pembaca setia sampai disini dulu modul tentang mengenal komputer, semoga semua yang penulis posting dapat bermanfaat bagi kita semua.

0 komentar:

Post a Comment