Sunday, 24 July 2016

Aplikasi Rapor Sesuai Permen 53 Menggunakan php bootstrap dan Codeigniter

Teknologi pada Aplikasi ini memang bukanlah yang terbaik dan yang terbaru, web server sudah dikenal semenjak internet muncul. Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan dari berbagai sumber yang di browsing di internet. Terutama phpmu.com, oleh Robby Prihandaya. Saya bergabung sebagai member beberapa bulan yang lalu.

Selama 3 tahun ini kami disekolah menggunakan kurikulum 2013 dan melaksanakan administrasi penilaian juga sesuai dengan kurikulum tersebut, 3 tahun mengelola penilaian menggunakan excel, tentu ada kelebihan dan kekurangannya.

Namun dari beberapa hal tersebut, kekurangan yang sangat menonjol diantaranya:
  1. Kesulitan Merekap Nilai. Terkadang nilai semester yang lalu saja kita sulit untuk menemukan kembali.
  2. Nilai tidak valid. Kenapa disebut demikian, salah satunya adalah nilai yang beragam.Nilai guru dan nilai yang ada di Wakil Kurikulum atau Wali Kelas terkadang berbeda, Nama Siswa pada aplikasi guru dengan aplikasi yang ada pada wali kelas terkadang juga berbeda
  3. Jika ada permen baru, format excel yang ada (rapor dan nilai) terpaksa diubah dan yang dirubah itu bukan saja 1 file, terkadang saya sendiri harus mengubah banyak dan beberapa format file.
Aplikasi ini diharapkan dapat meminimalisir kekurangan-kekurangan diatas, dimana semua nilai akan terintegrasi ke satu pintu (Server Akademik dan Nilai).


Tampilan Login Sistem Informasi Akademik Sekolah
Pada halaman login saya tambahkan level untuk wali kelas, kemudian juga menambahkan tahun akademik dan tahun akademik nanti akan ditambahkan sebagai session.
Keterangan:
  • Level : Untuk keamanan pengelolaan data login user diberi beberapa level, diantaranya Kepsek, Wali  Kelas, Guru, Siswa dan Admin 
  • User dan Password : Username menggunakan NIP dan password 1234 (setelah login password dapat diganti oleh user) 
  • Tahun Akademik : Agar Aplikasi ini dapat digunakan terus menerus dan agar data nilai terekap dengan baik, maka nilai disimpan per tahun akademik.

Halaman Login Guru
Dashboard Guru
Keterangan
  • Dashboard : pada halaman dashboard akan tampil Jadwal Mata Pelajaran per Masing-Masing Guru
  • Absensi Siswa : jika sarana prasarana memadai maka masing-masing guru dapat bisa menginput kehadiran siswa langsung dari ruang / kelas tempat mengajar
  • Bahan dan Tugas : Guru dapat Menginput bahan ajar dan tugas untuk siswa “e-learning”
  • Quiz/Ujian Online : sudah ada fitur ujian online untuk siswa
  • Forum Diskusi : Guru dan Siswa dapat berinteraksi pada menu ini
  • Input Jadwal Pelajaran : Guru diberi menu untuk menginput langsung jadwal pelajarannya, agar sinkron dengan input nilai akhir
  • Input Nilai Akhir : Guru menginput langsung nilai akhir, Nilai yang akan dijadikan sebagai nilai rapor
Kenapa cuma nilai akhir?
Sebenarnya pada aplikasi ini sudah disiapkan menu untuk input nilai harian, tugas, UTS dan UAS namun melihat situasi kondisi di Sekolah dan untuk mempermudah guru, maka di input cuma nilai akhir saja.

Form Input Nilai


Daftar Nilai Siswa

Tiap Guru akan input nilai per mata pelajaran masing-masing pada menu yang telah disediakan dalam sistem jaringan seperti gambar dibawah ini (Intranet)
Selanjutnya, setelah guru mengisi nilai, wali kelas hanya mengecek nilai-nilai yang sudah di entri tersebut, lalu menambahkan keterangan sikapkehadiranprestasiekstraurikuler dan keterangan-keterangan lainnya. Lalu rapor siap untuk di cetak per semester dan tahun akademik


Keterangan:
Pada halaman menu wali kelas, hampir sama dengan menu yang ada pada halaman guru, namun ada penambahan beberapa menu diantaranya:
  • Sikap Semester 1 : menu ini digunakan untuk entri komentar sikap pada rapor semester 1 
  • Sikap Semester 2 : menu ini digunakan untuk entri komentar sikap pada rapor semester 2 
  • Cetak Rapor : Wali kelas dapat langsung melihat nilai yang sudah di input oleh masing-masing guru Matapelajaran, lalu mencetaknya
  • dan fitur-fitur lainnya
Halaman Cetak Rapor (Admin dan Wali Kelas)

Adapun hasil dari cetak rapor (K13) sesuai permen 53 adalah sebagai berikut.


Sekali lagi Aplikasi ini memang bukanlah yang terbaik dan masih banyak kekurangan, dalam mengerjakan ini saya pribadi juga masih dalam tahap belajar untuk menjadi lebih baik dan tentu saja hanya untuk kemajuan sekolah.
Demikian Deskripsi singkat tentang Sistem Info Akademik “Aplikasi Penilaian Terintegrasi Berbasis Web”, semoga dapat bermanfaat.

DOWNLOAD

2 comments:

  1. ini beneran CI gan ? kok gak ada MVC nya ?

    ReplyDelete
  2. bagaimana script untuk mengisi nilai prestasi dan absensi oleh wali kelas pada cetak raport?

    ReplyDelete